Selasa, 21 November 2017

Eksotika Pulau Lemukutan Bengkayang Kalimantan Barat

Prolog Pulau Lemukutan

Pulau lemukutan ibarat dunia kecil yang indah dengan segala kemanjaannya. Pulau lemukutan juga bukti cumbu indah lautan bersama terumbu karangnya. Ikan yang menari disela bebatuan, terumbu karang mencumbu sinar matahari, dan nyanyian merdu sang angin menghantarkan sepenggal cerita damai yang selama ini terlupakan. Itulah sebuah tempat yang hampir kita lupakan. Itulah tempat yang dulunya rindu pernah kita titipkan. Sebuah cerita tentang cinta dan penantian, diantara indahnya pulau lemukutan.

pulau lemukutan
Crop from Borneo Skycam

Itulah prolog pulau lemukutan yang bercerita tentang penggalan damai kehidupan anak manusia. Antara rindu, penantian, dan pulau lemukutan. Mungkin ini ada kaitannya dengan cerita bahwa dulunya ada putri raja cina yang diasingkan karena menderita penyakit. Dalam pengasingannya dia ditemani Patih gagah berani sampai akhirnya meninggal dalam cerita asmara yang tidak kesampaian. Patih itu namanya Lay Muk Tan, makanya pulau tersebut menjadi LEMUKUTAN.
Kalau ceritanya versi warga kampung, tapi kalau prolognya saya yang bikin. Sediakan minyak angin, sapa tau anda pusing setelah baca prolog, heee (sedia kresek sebelum muntah). Oh ya hampir lupa... pulau lemukutan termasuk dalam wilayah Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat. Lanjut...

Rute Perjalanan menuju pulau lemukutan

Dari Pontianak menuju daerah Sungai Duri sekita dua jam menggunakan mobil atau motor dengan kondisi jalan mulus, cantik, dan manis (kayak gadis perawan desa yang difilm-film). Selanjutnya menuju penyeberangan Teluk Suak dan dari sana naik perahu motor air menuju pulau lemukutan. Lama perjalanan dari Teluk Suak ke Teluk Cina di pulau lemukutan kurang lebih 1 jam. Nah yang saya lupa harga penyeberangannya gan, kemungkinan kisaran Rp. 25.000 sampai Rp. 35.000 pergundul alias perorang (maaf lama gak update). Kalau kalian menggunakan roda dua, bisa dititipkan disekitaran rumah penduduk di teluk sua, dijamin aman tentunya dengan harga tertentu (dijamin gak mahal gan.

Sumber foto Panoramio

Penginapan di Pulau Lemukutan

Sekarang pasti nanya tempat nginapkan gan? nah kalau ini banyak disediakan oleh penduduk setempat pulau lemukutan. Kebanyakan wisatawan menginapnya sekitar desa melanau karena merupakan pusat dari desa-desa di pulau lemukutan. Tapi tempat lain juga ada, tergantung selera mau nginap dimana. Kalau saya sih dimana tempat rasanya nyaman aja. Kalau mau sensasi beda, camping aja gan di sekitaran pantai, tapi tanya penduduk dulu, daerah mana yang aman untuk camping. Harga penginapan itu bervariasi, kadang tergantung kesepakatan juga. Kalau kalian negosiator ulung bisa jadi dapat harga murah.
Info terakhir biaya penginapan berkisar Rp. 250.000 sampai Rp. 350.000 untuk dua atau tiga hari dipulau lemukutan, tapi saya gak tau itu sudah plus makan apa belum. Biasanya itu sudah termasuk biaya makan. Tanya detil dulu sebelum sewa penginapannya gan, jangan main asal ketemu kasur langsung tidur.
Sumber foto Borneo Channel

Ngapain aja di Pulau Lemukutan? 

Kalau anda bertanya ngapain di pulau? saya rasa anda kurang piknik. Yang jelas santai, lihat pemandangan laut, berenang, snorkling, ngajakin ikan ngobrol kek, bikin puisi cinta kek, mancing, naik perahu, dan lain sebagainya yang bisa membuat anda santai kayak dipantai dan slow kayak dipulau. Bikin aja kegiatan ringan tapi nyenengin hati gan. Namanya juga liburan asik, yaa nyarinya yang asik dan bisa bikin hati bahagia.

Sumber foto Borneo Channel

Ini nih salah satu yang menarik di pulau lemukutan. Sunsetnya yang romantis, apalagi kalau dinikmati diantara bebatuan di bibir laut. Pasti sensasinya beda dengan di peinggir pantai yang terhampar pasir putihnya. Anda tinggal pilih mau yang mana.

Sumber foto Big Step John

pulau lemukutan
Sumber foto Big Step John

Keindahan Pulau Lemukutan

Lalu keindahannya gimana? menjamin asik gak? Sebaiknya kalian lihat aja videonya kawan-kawan Borneo Skycam.


Terima kasih kepada Borneo Skycam, Borneo Channel, Big Step John, dan Kartono atas dokumentasinya. Semoga berkah buat kita dan orang banyak, amin. Bila ada kekurangan silahkan hubungi admin di sini.
Baca selengkapnya

Sabtu, 18 November 2017

Pesona Spektakuler Air Terjun Tujuh Tingkat Riam Dait

Air Terjun tujuh tingkat Riam Dait mempunyai pemandangan indah dan mempesona. Wajar kalau dikatakan mempunyai keindahan spektakuler, karena air terjun riam dait tidak bertingkat secara paralel langsung, melainkan mempunyai tujuh tingkat air terjun dengan akses tempat menarik tersendiri pada satu lokasi yang sama, yaitu di dusun Kelapuk, Desa Sekendal, Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat, Indonesia.

air terjun tujuh tingkat riam dait

Wikipedia
Air Terjun tujuh tingkat Riam Dait
atau Air Terjun Rombo Dait Tujuh Tingkat atau Air Terjun Remabo adalah sebuah air terjun dengan tipe multi-step karena memiliki beberapa undakan air terjun disepanjang punggungan bukit, meski terpaut cukup jauh. Tinggi Air Terjun Riam Dait pada tingkat pertama sekitar 60 meter. Pada tingkat dua hingga ke tujuh, ketinggiannya berkisar 20-30 meter. Pada setiap tingkatan, air terjunnya ada yang berbentuk melebar dan ada pula dalam bentuk berundak-undak kecil. Air Terjun Riam Dait berada di aliran Sungai Dait sebelum terjun ke dataran rendah Patahan Dait.
Air Terjun Riam Dait terletak pada ketinggian dataran sekitar 200 meter diatas permukaan air laut. Keindahan Air Terjun Riam Dait terletak pada besar debit airnya. Selain itu, di sekitarnya atau disetiap kolam dibawah curahan air terjun terdapat hamparan pasir putih yang belum tentu ditemui di air terjun lainnya. Tentunya akan lebih seru jika berkemah di areal ini, sensasinya hampir sama dengan berkemah di pantai karena pasir putihnya. Pilihan berkemah juga sangat tepat, karena dengan itu bisa menjelajahi 6 riam lainnya dengan waktu yang lebih fleksibel. Selain itu lokasinya yang terletak ditengah Hutan membuat pemandangan di sekitarnya yang merupakan hutan hujan Kalimantan yang masih sangat alami.
Air Terjun Riam Dait berlokasi di Desa Sekendal, Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Air terjun tujuh tingkat Riam Dait berjarak lebih dari 54 Km dari Kota Ngabang yang dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat selama 3 jam menuju arah Serimbu. Setibanya di pertigaan perbatasan Semuntik-Sekendal belok kanan menuju arah Sanggau. Setelah sekira 5 Km berkendara akan menemui petunjuk jalan di kiri jalan menuju Air terjun Riam Dait dengan kondisi jalan tanah sehingga sangat riskan dan sulit dijangkau jika cuaca hujan atau selepas hujan karena berberapa jalan akan berlumpur. Setelah 30 menit akan sampai di tempat pemberhentian kendaraan, dan dilanjutkan berjalan kaki 30 menit menuju air terjun.

air terjun tujuh tingkat riam dait

Air terjun tujuh tingkat riam dait ini mempunyai cerita berbeda, tempat berbeda, akses berbeda, nuansa berbeda, pemandangan berbeda, dan tentunya sensasi keindahan berbeda. Pokoknya ngomongin Riam Dait, gak lengkap kalau kalian tidak mengunjunginya langsung, baru kalian bisa merasakan sensasi keindahan spektakuler sebagai petualang dan penikmat keindahan ciptaan Tuhan.

air terjun tujuh tingkat riam dait

Pesona spektakuler air terjun tujuh tingkat riam dait tidak terlalu ramai pengunjung, apalagi hari biasa atau salah satu objek wisata yang termasuk jarang dikunjungi wisatawan luar. Kebanyakan yang berkunjung hanya wisatawan lokal. Hal ini karena susahnya akses menuju lokasi air terjun tujuh tingkat tersebut. Apalagi kalau musim hujan, jalannya berubah menjadi sangat ekstrem, padahal pada musim hujan ini juga debit airnya sangat banyak dan air terjunnya sangat indah dengan limpahan airnya.

air terjun tujuh tingkat riam dait

Tuh gan air terjun dengan pasir putihnya. Kalau gak disebutkan tempatnya mungkin anda mengira ini dipinggir pantai, padahal dilereng dait kabupaten Landak Kalimantan Barat. Mantab kan, air terjun, pasir putih, dan hutan lebat yang mempesona. Lengkaplah sudah keindahan yang saling mendukung antara ketiganya. Bukan bini tiga ya bos...

air terjun tujuh tingkat riam dait

Sebagian orang lebih memilih suasana hutannya sambil mencari suatu yan gunik di sekitarannya. Atau mendaki ke arah puncak menuju ke air terjun tingkat selanjutnya. Sungguh petualangan yang penuh tantangan dan pesona alam yang memanjakan mata dan hati dengan indahannya.

air terjun tujuh tingkat riam dait

Oh ya saya hanya mengantar anda melihat sekitaran air terjun ini ya, kalau gak salah ini air terjun di tingkat ke empat. Konon kabarnya tingkat ke tujuh jarang di naiki orang, termasuk orang kampung setempat juga enggan menaikinya. Ada juga yang meyakini kalau naik ketingkat ke tujuh, gak cukup bekal bisa gak pulang-pulang lagi gan, bahkan ada yang meyakini bisa mengantarkan nyawa aja naik ketingkat terakhir tersebut.


Saya hanya mengantarkan anda dengan foto disekitaran air terjun tujuh tingkat riam dait ini aja. Sisanya silahkan anda saksikan video lainnya.
  1. Pesona spektakuler air terjun tujuh tingkat riam dait
  2. Ekspedisi NMax Rute Riam Dait
  3. Dokumentasi jajagitrip
Baca selengkapnya

Kamis, 16 November 2017

Fenomena Unik Festival Tatung Singkawang

Tatung Menurut wikipedia dalam bahasa Hakka (bahasa cina singkawang) adalah orang yang dirasuki roh dewa atau leluhur. Dimana raga atau tubuh orang tersebut dijadikan alat komunikasi atau perantara antara roh leluhur atau dewa tersebut. Roh dewa dipanggil ke altar kemudian akan memasuki raga tatung dengan Mantra dan Mudra tertentu. Para Dewa atau roh leluhur biasa dipanggil dengan kepentingan tertentu, misalnya untuk melakukan kegiatan pengobatan atau meminta nasihat yang dipandang perlu. Kebanyakan para roh dewa dipanggil untuk kegiatan yang berhubungan kepercayaan Taoisme , antara lain pengobatan, pengusiran roh jahat, pembuatan Hu ,dan lain-lain. Setelah kegiatan yang dilakukan selesai, roh akan meninggalkan tubuh orang tersebut.

Festival Tatung Singkawang
Foto by Abdillah selalu

Kebanyakan tatung setelah ditinggal roh yang merasukinya, terkulai lemas dan tidak sadar apa yang telah dilakukannya. Pada beberapa bagian tubuh, seperti pipi meninggalkan lubang karena bekas tusukan. Saat itulah tatung merasakan sakit, namun segera dikasih penawar oleh guru atau orang yang mengawasinya (ilmunya lebih tinggi). Anehnya besok pagi lubang dipipi tersebut sudah tertutup dan kembali normal. Kalau mau bikin lesung pipit pake cara ini aja gan...heeee

Festival Tatung Singkawang
Foto by Abdillah selalu

Festival tatung ini dilaksanakan pada tanggal lima belas tahun baru Cina. Cap Go Meh merupakan rangkaian terakhir Perayaan Tahun Baru Imlek. Istilah Cap Go Meh berasal dari dialek Hokkian yang yang artinya 15 malam setelah Tahun Baru Imlek. Cap berarti 10, Go berarti 5, dan Meh berarti malam. Jadi Cap Go Meh berarti malam ke 15 setelah malam Imlek atau tahun baru Cina. Pada hari ke 15 inilah Festival Tatung Singkawang dilaksanakan. Jadi kalau mau lihat Atraksi Tatung Singkawang pas Cap Go Meh ya bos.

Festival Tatung Singkawang
Foto by Addillah selalu

Kalau di China, Cap Go Meh disebut Festival Yuanxiao atau Festival Shangyuan. Perayaan Cap Go Meh dilakukan untuk memberi penghormatan terhadap Dewa Thai Yi, dewa tertinggi di langit pada zaman Dinasti Han (206 SM- 221 M). Nah Zaman sekarang untuk menghormati tradisi dan nenek moyang yang dianggap sakti dan berjasa terhadap kehidupan masyarakat Thionghoa Singkawang.

Festival Tatung Singkawang
Foto by Abdillah selalu

Tuh gan sampai ada yang bawa penusuk pipi yang ada jeruknya. Mantab kan (walau kadang ada lucunya juga). Sebelum Festival Tatung berjalan, pertama-tama dilakukan pemanggilan roh yang dipimpin oleh guru atau pemimpin keagamaan. Setelah rohnya datang lalu disuruh merasuki tatung. Jangan ngeri dulu gan, yang dipanggil roh yang baik untuk mengusir roh jahat yang sering mengganggu keharmonisan hidup masyarakat.

Festival Tatung Singkawang
Foto by Abdillah selalu

Menurut beberapa sumber, termasuk tatung sendiri, roh-roh yang dipanggil ini dapat merasuki siapa saja, tergantung tatung memenuhi syarat dalam tahapan yang ditentukan si guru. Para tatung diwajibkan berpuasa selama tiga hari sebelum hari perayaan, dengan maksud mereka berada dalam keadaan suci sebelum perayaan. Tatung diyakini memiliki kekuatan supranatural, mampu melakukan pengobatan, dan pengusiran unsur-unsur jahat (tolak bala).

Festival Tatung Singkawang
Foto by Abdillah selalu

Beberapa pendapat orang Singkawang mengatakan bahwa Festival Tatung bermula dari kedatangan etnis Tionghoa di Nusantara pada 4 abad. Perkiraan suku Khek atau Hakka, dari Cina Selatan ke Pulau Borneo (sebutan untuk Kalimantan). Sultan Sambas penguasa Singkawang kala itu mempekerjakan masyarakat pendatang pada pertambangan emas di Montedaro. Bertahun-tahun mereka tinggal didaerah Singkawang dan sekitarnya. Suatu ketika, masyarakat setempat terserang wabah penyakit. Kala itu, warga meyakini wabah penyakit disebabkan adanya roh jahat. Karena belum ada pengobatan kedokteran modern di sana, masyarakat Tionghoa pendatang itu kemudian mengadakan ritual tolak bala. Ritual ini, dalam bagasa Hakka disebut Ta Ciau. Ta Ciau ini lah yang menjadi cikal bakal tradisi Tatung di Singkawang.
Selain itu masih banyak cerita yang beredar. Saya ambil versi ini aja. Kalau diceritakan semua malah bingung nanti ente. Kalau mau tau lengkap ceritanya datang aja ke Singkawang pas Cap Go Meh. Lihat dan rasakan sendiri keseruannya.
Festival Tatung Singkawang
Foto by Abdillah selalu

Tuh bos ada yang atraksi potong lidah juga, seru kan? Oh ya... biasanya ada beberapa sebab orang menjadi tatung. Pertama karena keturunan (tulang dewa), karena menuntut ilmunya, karena datang sendiri dan roh leluhur itu ingin mengikuti si tatung. Setelah sampai waktunya barulah tatung itu boleh mengikuti festival atau turun dalam perayaan Cap Go Meh.

Festival Tatung Singkawang
Foto by Abdillah selalu

Jadi tatung itu gak sembarangan, atau sekedar berucap "ting... jadi tatung" lalu langsung turun dan atraksi. Bisa-bisa celaka gan kalau kayak gitu. Setelah ada ciri menjadi tatung, pertama dia harus menunggu waktu dulu sampai diperbolehkan turun ke jalan. Setelah dianggap cukup sama orang yang membimbingnya, barulah ia turun. Atraksinya juga gak langsung tusuk pake benda besar atau berdiri diatas parang tajam, tapi mulai dari jalan sampai nantinya ia diperbolehkan melakukan atraksi yang lebih mengerikan.

Festival Tatung Singkawang
Foto by Abdillah selalu

Tuh kan tampilnya biasa aja, kalem, tapi menghanyutkan. Awas gagal fokus, tatung satu ini masih berdiri di atas parang tajam. Lihat kakinya menginjak parang khas Cina. Pokoknya kalau udah naik tandu, itu rata-rata tatung senior. Yang masih newbie kebanyakan jalan kaki gan.

Festival Tatung Singkawang
Foto by Abdillah selalu

Tatung itu bukan hanya warga Thionghoa saja, Tatung Dayak juga ada dan kebanyakan mereka termasuk tatung yang disegani. Biasanya roh yang merasuki adalah roh leluhur setempat yang diyakini masyarakat mempunyai ilmu yang sangat kuat, dari ilmu pengobatan sampai ilmu pengasihan. Gak percaya? makanya datang dan buktikan sendiri fenomenanya.

Festival Tatung Singkawang
Foto by Abdillah selalu

Ada juga tatung turun bersamaan. Biasanya tatung ini merupakan keluarga atau seperguruan, dan kebanyakan si guru memimpin di depan arakan bersamaan tersebut. Itu mukanya hitam karena di kasih sesuatu ya gan. Jangan pikiran negatif dulu. Yang jelas kalau udah selesai orangnya lumayan ganteng bos.

Festival Tatung Singkawang
Foto by Abdillah selalu

Ada juga yang atraksi silat Cina dengan pakaian kebesaran panglima perang. Kebanyakan jurus yang keluar diyakini adalah jurus roh nenek moyang yang merasuki si tatung. Kalau roh yang merasukinya mempunyai jurus macan, ya silatnya jurus macan gan. Oh ya... jarang ada jurus mabuk ya, karena roh yang masuk roh baik dan dipercaya jarang minum minuman keras. heee

Festival Tatung Singkawang
Foto by Abdillah selalu

Tatung itu bukan hanya golongan tua, tapi dari remaja dan anak-anak juga ada. Masalah tingginya ilmu itu tergantung kekuatan dan kebersihan pikiran si tatung itu sendiri. Selanjutnya ditentukan juga roh yang masuk itu golongan tinggi atau rendah. Beda roh yang masuk itu bangsawan dan orang biasa. Terakhir bakatnya si tatung itu sendiri yang bisa menentukan ia cepat turun mengikuti festival dan disegani.

Festival Tatung Singkawang
Foto by Abdillah selalu

Kadang kostum yang dikenakan juga tergantung kemauan rohnya dan menyesuaikan kedudukan roh itu sendiri. Lihat aja gan baju kebesarannya juga mewah dan penuh dengan nilai artistik yang membumi. Oh ya, kalau masyarakat Thionghoa didominasi warna merah, karena dipercaya bisa mengusir roh jahat dengan warna tersebut. Dalam baju mereka biasanya terselip pelengkap badan (jimat) untuk menghindari hal yang tidak di inginkan, baik itu gangguan dari roh jahat, atau serangan dari orang yang iseng.

Festival Tatung Singkawang
Foto by Abdillah selalu

Ini salah satu tatung Dayak yang cukup disegani. Aksesoris itu kebanyak berfungsi sebagai penjaga badan dan sekaligus buat melengkapi penampilan gan. Jangan pikiran negatif ya, karena pada saat melakukan atraksi potong leher ini tatungnya gak sadar, masih di bawah pengaruh roh yang merasuki raganya.

Festival Tatung Singkawang
Foto by Abdillah selalu

Oh ya... yang jadi tatung bukan hanya kaum lelaki, ada juga tatung perempuan. Kahidupan kesehariannya secara normal, mungkin ia ibu rumah tangga yang manis dan baik hati, tapi ketika panggilan tatung itu mengharuskan ia untuk turun, maka dia tidak bisa menolaknya. Saat itu ia adalah perempuan perkasa dibalik kelembutannya.

Festival Tatung Singkawang
Foto by Abdillah selalu

Ini nih penampilan tatung kayak di film-film kungsu klasik, sangat menarik dan paling gaya kan gan. Suatau fenomena budaya tatung yang masih lestari hingga sekarang dan menjadi kebanggan Kalimantan Barat. Pokoknya kalau ngomongin Festival tatung terbesar, ya festival tatung dingkawang kalbar. Bahkan ada beberapa pendapat kalau tradisi pawai tatung ini sudah tidak dilaksanakan lagi di daerah asalnya, yaitu di Cina sana. Orang Thionghoa dari negeri asalnya aja ada yang datang gan kalau Cap Go Meh, hanya untuk melihat festival tatung Singkawang.

Festival Tatung Singkawang
Foto by Abdillah selalu

Tuh kan kota Singkawang bergelar kota seribu klenteng menjadi lautan manusia. Orang dari mana aja tumpah ruah di kota Singkawang pas festival tatung. Jadi jangan heran kalau anda pesan penginapan sebulan sebelumnya, penginapan udah banyak dibooking turis luar.
Tapi jangan khawatir, saya punya akses tempat yang lebih enak dan kekeluargaan, dan kami mempunyai jaringan besar di sana. Insya Allah kalau mau kesana nginap, makan, transportasi anda sudah tersedia. Jadi kapan mau Lihat Festifal Tatung Singkawang? Jangan lupa hubungi kami. 
Baca selengkapnya

Selasa, 14 November 2017

Eksotika Riam Marum Kabupaten Bengkayang Kalbar

Eksotika Riam Marum memang menawan dan itu sanggup memukau beberapa pengunjung yang datang langsung kepangkuannya. Riam Marum merupakan air terjun yang terdapat di daerah hutan cagar alam Gunung Niut. Lokasinya berada di Dusun Dawar Desa Pisak Kecamatan Tujuh Belas sekitar 60 kilo meter dari Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat. Lokasi Riam Marum dapat ditempuh dengan motor atau mobil, lalu dilanjutkan dengan jalan kaki sekitar 30 menit menuruni tebing sungai dengan kemiringan yang cukung membuat jantung anda bedebar-debar. Selanjutnya melalui jalan setapak yang licin, terjan, dan berliku (kayak lagu iwan fals aja). Pokoknya perjalanan pasti menyenangkan gan, apalagi kalau ditemani gebetan. Pokoknya rasa paling gagahlah ente kalau jalan ke Riam Marum.
Kenapa kata air terjun seperti Riam Marum sering disebut Riam? ya karena masyarakat menyebut air terjun itu dengan kata riam. Itu aja gan dan gak usah dipusingkan ya karena ini tidak wajib hukumnya. heee 
Saya gak menerangkan Eksotika Riam Marum ini secara lengkap ya bos, karena sudah banyak yang membahasnya di mbah google. Baiklah, gak usah pake lama..langsung saja kita lihat beberapa penampakan Riam Marum dan sekitarnya. Sediakan kopi, cemilan, dan rokok bagi yang nge-rokok.

eksotika riam marum
Foto by Abdillah selalu

Tuh gambar fotografer jadi model darurat untuk spot riam marum. Seperti pemandian dewi-dewi ya gan yang kayak difilm-film. Itu sih khayalan saya aja, gak tau deh khayalan anda. Pokoknya lengkaplah, air terjen dan kolam renang alaminya. Pasti segar kalau mandi di situ bossssss.

eksotika riam marum
Foto by Abdillah selalu

Diluaran kolam tempat air jatuh Riam Marum terdapat beberapa bebatuan yang seakan membingkai kolam tersebut. Sehingga ketika air kolam tersebut penuh langsung mengalir deras menuju hamparan batu sekelilingnya, dan uniknya itu terjadi terus menerus. Jadi kalau takut mandi dikolam Riam Marum, anda bisa mandi dihamparan batu sekitaran kolam. Terserah mau guling-guling atau sambil salto juga gak masalah, asal jangan buang sampah aja ya, dilarang!!!

eksotika riam marum
Foto by Abdillah selalu

Tuh kalau mau mandi sambil guling-gulingan di sebalah kanan Riam Marum ya gan. Ada cerukan landai dan lebar. Bisa mandi sambil baring juga disana. Asal jangan tidur aja, nanti malah ditinggal pulang ente. Ini tempat mengalirkan air menuju sungai kecil dengan eksotika bebatuannya sekitaran Riam Marum.

eksotika riam marum
Foto by Abdillah selalu

Kita intip dulu dari kejauhan gan, biar kalian tau kalau hutannya juga sangat lebat. Itu salah satu arena petualangan menantang lainnya. Beberapa akar kayu besar juga masih ada yang menjuntai, jadi kalian bisa gantungan dan melayang kayak tarzan.

eksotika riam marum
Foto by Abdillah selalu

Airnya mengalir ke sungai yang penuh dengan bebatuan, lalu dikiri kanan sungai berjejer rapi pohon-pohon rindang yang seakan menjaga sungai tersebut. Kalau anda jalan ditengah sungainya, maka kayak melalui barisan prajurit kerajaan gan. Yang pasti suara burung dan binatang hutan lainnya melengkapi konserto alam sekitarnya.

eksotika riam marum
Foto by Abdillah selalu

Enak tuh gan kalau mandi sambil duduk santai dan dengarin musik di situ. Gak pernah kan mandi badtab alami seperti di Riam Arum, sambil memandangi air terjun Riam Arum yang menari. Pokoknya mantaplah dan dijamin ajib.

eksotika riam marum
Foto by Abdillah selalu

Bisa juga duduk-duduk di batu sambil memandangi aliran air sungainya dan membuat puisi. Lalu ceritakanlah tentang cinta, tentang perjuangan, dan tentang perjalanan kembara alam raya.

eksotika riam marum
Foto by Abdillah selalu

Bisa juga merenungi perjalanan kembara hidup anda. Menghayati segala amal perbuatan kita di dunia dan sudah cukupkah buat bekal akhirat nanti. Ingat gan, semua ini hanya visi keindahan sementara. Keindahan yang sebenarnya ada dialam akhirat nanti jika anda bisa mendapatkannya.

Indah bukan? ya iyalah gan... namanya juga tempat menarik untuk wisata, kalau gak mendingan kan tidur heeee. Kalau bicara indah, ya jelas indah Riam Marum. Kalau bicara unik, ya unik juga tempatnya. Kalau bicara kapan mau ke sana? kapan nih... hubungi kami gan. Kami siap mengantar anda ke Riam Marum. Ditunggu kabar baiknya...
Baca selengkapnya

Minggu, 12 November 2017

Semoga Gubug Kehidupan ini Bisa Menyadarkan Kita

Gubug kehidupan ini awalnya difoto iseng oleh seorang sahabat. Namun saya membaca foto gubug kehidupan itu sebagai gambaran kehidupan manusia yang penuh dengan kelemahan, rapuh, dan banyak cacatnya ketimbang baiknya. Ini bukan foto gubug derita, tapi foto kehidupan kita yang sesungguhnya. Manusia itu rapuh seperti gubug, jelek seperti gubuk, penuh kekurangan seperti gubug, dan penuh lubang dosa seperti gubug. Bila ada ketegaran, kadang manusia lupa, bahwa itu bisa saja dibalut kesombongan dan kemunafikan. Namun bila kita melihat dengan seksama, maka nampaklah gubug kehidupan dalam diri manusia yang sesungguhnya. Sungguh kesempurnaan itu milik Allah semata dan kita berharap berkah serta ridho Ilahi untuk membaguskan akhlak dan ibadah kita selamanya. Amin Allahumma amin.

gubug kehidupan
Foto by Abdillah selalu

Manusia bisa saja mengaku tegar, kuat, kaya, dan serba mampu lainnya. Tapi tetap saja ia hanya gubug yang sebenarnya jelek, reyot, dan rapuh. Memang sewaktu kamu muda, kuat, kaya, terkenal, dan merasa mampu... manusia merasa bisa berdiri walau diantara semak rintangan hidupnya. Dia menganggap mampu dan berkuasa lalu memandang rendah kepada manusia seperti ilalang sekitarnya. Itulah ketegaran manusia yang penuh dengan kesombongan karena ke-aku-an dalam diri manusia. Tapi walau bagaimanapun dia hanya gubug, tidak lebih dari itu. Ingat itu...!!!

gubug kehidupan
Foto by Abdillah selalu

Ketika manusia beranjak tua dan banyak rintang yang menyerang (bukan hanya menghadang) manusia mulai goyah. Lalu prahara kehidupan bisa saja menenggelamkan manusia dalam ketidak berdayaan. Pada saat itu ada dua manusia, manusia yang kembali mengingat Tuhan dan manusia yang menyalahkan Tuhan. Kerdilnya pemikiran mulai bermain dalam perasaan dan disitulah ia mulai tertunduk dalam ketidak berdayaan. Yahh dalam ketidak mampuan dan tidak lebih dari itu. Ingat itu...!!!

gubug kehidupan
Foto by Abdillah selalu

Manusia semakin renta dalam ketidakberdayaan lalu mulai mengheja ulang sejarahnya dulu yang penuh dengan kebanggaan dan kesombongan. Ketika ia melihat kedalam dirinya, ia mulai menangis dan mencari Tuhan. Padahal Tuhan tidak pernah meninggal manusia. Lalu dimanakah kegagahan kamu, dimanakah keindahan masa mudamu, dimanakah kekayaan dan kemampuan kamu, dimanakah sahabat yang dulunya bersamamu, lalu dimanakah semua kebanggan dan kesombonganmu. Sampai di situ manusia mulai sadar kalau ia sudah jauh tertinggal... dalam kesendirian dan ketidak berdayaan. Namun ingatlah kalau Allah tidak pernah meninggalkan kamu dan menyayangi kamu selamanya. Jangan sampai kita menunggu gubug kehidupan itu roboh dan tertimbun tanah dalam kegelapan sendirian. Seperti itulah dan hanya begitu. Ingat itu...!!!

Semoga iman, amal kebaikan, dan kasih sayang Allah menjadi penolong kita selamanya. Amin Allahumma amin.
Baca selengkapnya

Terjebak di Jeram Maut Tanjung Lokang

Jeram maut Tanjung Lokang terletak di dalam kawasan hutan lindung Taman Nasional Betung Kerihun Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Sedangkan Tanjung Lokang merupakan desa kecil yang dihuni oleh masyarakat adat dayak suku punan hovongan yang masih memegang kepercayaan nenek moyang. Walau sebagian besar penduduknya beragama khatolik, namun sisa kepercayaan lama masih bisa didapati dalam beberapa ritual dan pola kehidupan mereaka.

Jeram Maut Tanjung Lokang merupakan sungai dengan jeram terindah di Indonesia. Tapi jangan salah sangka dulu gan, karena beberapa jeram Tanjung Lokang terkenal sangat susah untuk dilalui berhubung diapit bebatuan besar dengan cerukan dalam berarus sangat deras. Bisa saja anda menyangka itu celah atau jalan yang dapat dilalui perahu, namun sekali perahu itu turun ke arus tersebut, fatal akibatnya. Minimal mengalami kerusakan parah karena berbenturan dengan batu. Berikut penampakan perjalanan yang terjebak di jeram maut Tanjung Lokang. Foto nomor empat ada yang aneh dan unik gan. Perhatikan dengan baik-baik... jangan berkedip dan bernafas ya (dijamin semaput boss)

Terjebak Dijeram Maut Tanjung Lokang
Foto: Abdillah Selalu

Mereka menyangka bisa melakukan perjalanan melawan arus dan bisa berhasil sampai ke dusun di atas desa tanjung lokang. Tapi kenyataan berkata lain. Batu yang tadinya seperti tersenyum, ternyata tersenyum sinis menertawakan petualangan mereka. Sungguh tempat menarik dengan berjuta tantangan. Anda seperti masuk dalam labirin ilusi.

Terjebak Dijeram Maut Tanjung Lokang
Foto: Abdillah Selalu

Mulai mencari cara untuk melewati jeram maut Tanjung Lokang. Segala upaya mulai dipikir dan sebentar lagi akan dicoba. Sementara jeram maut Tanjung Lokang masih tetap tenang dengan permainan arus derasnya.

Terjebak Dijeram Maut Tanjung Lokang
Foto: Abdillah Selalu

Akhirnya mereka harus mengakui kekalahan dan mulai menunggu ide terang selanjutnya. Tapi disela keterjebakan mereka di jeram maut Tanjung Lokang, mereka masih bisa tersenyum menikmati indahnya bebatuan dan alam di sana. Yaa mau gak mau harus kayak gitu. Katimbang manyun dan garuk-garuk kepala kebingungan... heheheheee

Terjebak Dijeram Maut Tanjung Lokang
Foto: Abdillah Selalu

Ada yang unik dari foto ini gan. Coba perhatikan benar-benar, janggal atau kenyataan? Kalau mau tau penampakan lengkapnya perjuangan melalui jeram maut tanjung lokang, tunggu artikel selanjutnya ya. Insya Allah menarik dan banyak hal baru yang bakalan membuka mata anda dengan perjuangan dalam petualangan menantang jeram maut Tanjung Lokang.
Baca selengkapnya

Sabtu, 11 November 2017

Beberapa Spot Indah Danau Sentarum Yang Jarang Dilihat Wisatawan

Danau Sentarum merupakan danau terunik di Indonesia yang terletak di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Waktu tempuh ke Danau Sentarum kurang lebih 20 jam melalui darat dan sekitar 90 menit menggunakan pesawat. Memang perjalanan akan panjang bila ditempuh menggunakan kendaraan bermotor, tapi akan tergantikan dengan keindahan pemandangan disana.

Danau Sentarum ditetapkan sebagai taman nasional pada tahun 1999. Sebelumnya, Taman Nasional Danau Sentarum berstatus cagar alam (1981/1982) dan suaka margasatwa (sejak 1983). Kawasan danau ini sejak 1994 dimasukkan dalam daftar lahan basah terpenting di dunia. Selain memiliki keindahan yang tidak didapat didanau lain, danau ini juga menyimpan keunikan tersendiri. Berikut beberapa penampakan spot indah danau sentarum yang jarang dilihat orang.

danau sentarum
foto by Abdilah selalu

Hamparan air yang luas dan tenang diapit beberapa bukit yang seakan tersenyum manis kepada kita. Disitulah kita bisa merasa nyaman dan akrab bersama alam. Baru sadar kan bro kalau alam itu penting untuk dijaga. Dia sahabat yang selama ini kita lupakan.

danau sentarum
foto by Abdilah selalu

Kalau ketemu momennya, hari lagi cerah, hati juga cerah, awan aja bisa jadi indah. Makanya kalau ke danau sentarum sewa perahu dan jalan-jalan ke tengah danaunya. Disana anda sudah ditunggu dengan suasana lapang hamparan air yang tenang.

danau sentarum
foto by Abdilah selalu

Tuh suasana senjanya dengan pemandangan awan menari. Jarang-jarang ente lihat yang kayak gini. Kalau di kota atau dilangit kampung sih kayaknya biasa ya. Pasti akan beda kalau di danau sentarum. Jangan khawatir airnya cuma kisaran 8 meter kok gan.

danau sentarum
foto by Abdilah selalu

Ada pulaunya juga, pulau melayu namanya. Anda bisa singgah disana beristirahat atau mandi disana dengan kesegaran danau sentarum dan dijamin tidak dalam gan. Ada vilanya juga lho. Walau apa adanya yang jelas gratis. Masih suka sama yang graisan bukan? kalau begitu sama dengan saya.

danau sentarum
foto by Abdilah selalu

Kalau sewa perahu kan sekaligus bisa mancing kayak si tuan ini. Mancing dengan cara tradisional disela-sela pohon kayu pasti seru. Apalagi kalau kamu bawa si itu tuh... pasanganlah. Tapi jangan tukang perahu itu ya dijadikan pasangan. Harga sewa perahu tergantung kecanggihan anda merayu tukang perahu? huhuhuuuuuu....

danau sentarum
foto by Abdilah selalu

Jangan lupa susuri juga belantara pohon kayu yang tumbuh di atas danau. Biar kayak petuangan difilm-film. Masih banyak spot unik di dalamnya. Seperti di planet mana gitu...heee. Yang jelas seperti di danau sentarum bos.

danau sentarum
foto by Abdilah selalu

Ini juga spot mancing yang bagus, lumayan banyak ikannya. Trus pemandangan sekitarnya bisa bikin kamu melihat beberapa satwa disana. Kalau lagi mujur bisa ketemu sama orang utan. Jangan lupa bawa pulpen, sapa tau orang utannya minta tanda tangan sama anda.

danau sentarum
foto by Abdilah selalu

Agak sorean dikit anda bisa ketemu dengan bangaunya danau sentarum. Lumayan banyak gan, tapi ini menunggu musimnya juga, kalau gak musim bangaunya gak ada. Yang jelas bukan musim nongkrong karena gak ada hubungannya.

danau sentarum
foto by Abdilah selalu

Mengarah ke desa lanjak anda akan ketemu dengan beberapa rumah penduduk. Bisa juga sewa kapal bandong untuk menjelajahi danau sentarum bersama rombongan. Penduduknya bukan hanya ramah, tapi ramah banget. Oh ya, ada rumah lantingnya juga lho, yaitu rumah yang ditopang batang pohon besar dipinggir sungai. Info lengkap datang langsung aja.

danau sentarum
foto by Abdilah selalu

Ini bukan kapal rusak, tapi lagi di dok atau masuk masa perawatan. Jadi bukan hanya perawatan kulit aja kayak orang-orang kota, di danau sentarum kapal ada juga perawatannya. Bentuknya kayak rumah ya gan kalau ngapung.

danau sentarum
foto by Abdilah selalu

Tuh kalau dilihat dari kampung (maaf lupa nama kampungnya). Danau sentarum yang banyak airnya dengan hamparan hutan kecil yang menawan, seakan mengajak kita bertualang kayak di... di danau sentarumlah gan. Itu kalau lagi banyak airnya. Kalau pas puncak musim kemarau akan jadi seperti ini.

danau sentarum

Nih pemandangan kalau musim kemarau. Danau sentarum yang dekat hutan kecilnya menjadi maparan hijau dengan beberapa genangan air beserta ikannya yang indah. Bisa dijelajah dengan jalan kaki.

danau sentarum

Kalau dibagian tengah danau sentarum begini ini pemandangannya kalau pas puncak musim kemarau. Ente bisa jalan kaki atau naik motor. Kayak digurun pasir kan bro... sista. Danau sentarum dipenuhi air selama 10 bulan setiap tahunnya, pas kemarau akan surut. Mau banyak airnya atau kering, tetap aja danau sentarum itu unik dengan misteri keindahan tersendiri.

danau sentarum

Jelajahi dengan motor juga bisa kalau lagi surut. Gak nyangka kan kalau musim hujan jadi danau Bukannya mau membanggakan danau sentarum, tapi yang jelas gak ada tempat menarik dan seunik danau sentarum. Gak percaya? makanya datang ke danau sentarum dan buktikan keunikan dan keindahannya. Saya tunggu kedatangan anda di danau sentarum, saya tantang anda bertualang disana.


Pamit dulu gan... bubar...bubar...bubaaaarrrr
Baca selengkapnya